Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sistem Operasi


Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi (kadang disebut Software Platform) adalah perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya mengendalikan system komputer. Sistem operasi mengandung sejumlah program. Beberapa program tergolong utilitas.

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (sistem calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi mempunyai tiga fungsi utama yaitu manajemen proses, manajemen sumber daya, dan manajemen data.
  1. Manajemen proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer. Proses adalah program yang sedang dijalankan.
  2. Manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh perangkat lunak sistem ataupun perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan oleh komputer. Yang dimaksudkan sumber daya disini adalah komponen perangkat keras dalam komputer seperti CPU, memori utama, dan peranti masukan/keluaran.
  3. Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam peranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.

Selain ketiga fungsi tersebut, sistem operasi umumnya juga mempunyai sarana untuk mengelola keamanan. Ciri sistem operasi yang mempunyai fasilitas manajemen keamanan adalah mengharuskan pemakai memasukkan nama pemakai dan password (kata rahasia) sebelum bisa mengakses komputer.

Perlu juga diketahui bahwa sistem operasi adalah program. Seperti halnya program lain, sistem operasi juga perlu dimuat ke dalam memori sebelum program ini berfungsi. Proses pemuatan sistem operasi ke dalam memori utama dikenal dengan sebutan Booting. Proses ini dilakukan secara otomatis ketika komputer dihidupkan. Sebagaimana diketahui, salah satu fungsi darai BIOS adalah melakukan booting. Berdasarkan konfigurasi pada CMOS, pemuatan sistem operasi dapat dilakukan dari hard disk, disket, atau bahkan darai CD-ROM.

Jenis Sistem Operasi

1. DOS (disk operating sistem)

DOS adalah sistem operasi yang termasuk CUI (Character User Interface), artinya sistem operasi DOS berkomunikasi dengan pengguna komputer dengan karakter-karakter teks. Sistem operasi CUI sekarang telah digantikan oleh sistem operasi GUI (Graphic Unit Interface), artinya sistem operasi yang menampilkan pesan dan menerima peritah dari kita dalam bentuk grafis.

Microsoft DOS dibuat pada tahun 1981 oleh Microsoft, digunakan sebagai sistem operasi di komputer IBM-PC.

Utilitas yang dimiliki oleh Microsoft DOS adalah :

  1. Fasilitas Doublespace, untuk mengkompresi file dan menyimpan informasi file yang dikompres dalam format berbeda.
  2. Fasilitas scandisk, untuk melakukan diagnose kerusakan pada disk kemudian memperbaikinya, memperbaiki crosslinks dan cluster yang hilang serta memperbaiki fisik disk.
  3. Fasilitas Smartdrive, untuk merekam data untuk tujuan pengamanan bila terjadi masalah yang dapat menghilangkan data-data yang tersimpan di disk.
  4. Fasilitas Diskcopy, kemampuan untuk menyalin file dari satu disket ke disket yang lain.
  5. Microsoft Defragmanter, kemampuan untuk mengatur kembali penempatan file-file dan direktori-direktori yang terdapat dalam sebuah disk agar mempercepat proses pencarian sebuah file atau direktori.

2. WINDOWS

Windows pertama kali dikeluarkan oleh Micrososft Corporation pada tahun 1990 dengan nama Windows versi 3.0 yang merupakan kelanjutan dari versi 1.0 dan 2.0. Tahun 1992, Microsoft mengeluarkan Windows versi 3.1 Tahun 1993, untuk lingkungan bisnis Microsoft mengeluatkan Windows NT yaitu sebuah sistem operasi yang digunakan untuk komputer server dalam jaringan.

Microsoft terus memperbarui dan mengembangkan sistem operasi Windows dan terus mengeluarkan versi selanjutnya : Windows 97, Windows 98, Windows ME, Windows 200 Server, Windows XP, dan Windows Vista.

Kelebihan sistem operasi Windows :
  • Windows merupakan sistem operasi yang mempunyai tampilan grafis
  • Mudah digunakan atau user friendly (ramah pada pengguna) sehingga paling banyak digunakan untuk PC
  • Banyak tersedia program-program aplikasi yang dapat dijalankan di sistem operasi Windows
Kekurangan sistem operasi Windows adalah :
  • Harganya mahal

3. UNIX

Unix dikembangkan di akhir tahun 60-an oleh Thompson dari Laboratorium AT&T

Kelebihan sistem operasi Unix adalah :
  • Banyak digunakan pada komputer besar seperti superkomputer atau mainframe
  • Sistem operasi yang kital digunakan untuk jaringan komputer
Kekurangan sistem operasi Unix adalah
  • Unix termasuk sistem operasi yang mahal dan penggunaannya masih terbatas

4. LINUX

Dikembangkan oleh seorang berkebangsaan Finlandia yang bernama Linus Benedict Tirvalds. Linux dikembangkan dari sistem operasi Unix.

Kelebihan sistem operasi Linux adalah :
  • Linux dapat dijalankan di PC
  • Linux merupakan sistem operasi open source (artinya siapa saja dapat mendistribusikan dan mengembangkan Linux).
  • Mempunyai tingkat kestabilan yang baik, sehingga banyak digunakan di server-server perusahaan.
  • Murah dan dapat digunakan untuk banyak komputer sekaligus tanpa harus terikat lisensi
Kekurangan sistem operasi Linux adalah :
  • Orang belum terbiasa menggunakannya
  • Program-program yang bias dijalankan di Linux sangat terbatas. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Sistem Operasi"